RSS

"PENENTU KESUKSESAN"

NGAPAIN BELAJAR….?
Sistem pendidikan yang ada di Negara kita pada saat ini menuntut kita untuk belajar lebih rajin.Hal ini di sebabkan adanya Ujian Nasional (UN) di setiap tingkatan,bahkan yang terbaru sampai tingkat sekolah dasar  (SD). Oleh karena itu ,sistem belajar yang di adakan harus kamu tinggalkan.
Sekarang, sistem belajar kebut semalam  tidak boleh kamu lakukan kalau kamu memang ingin sukses. Setelah belajar dengan giat,kamu latihan atau uji coba  soal-soal UN tahun yang lalu.Atau bagi kamu yang sekarang duduk di kelas 3 SMP dan SMA,kamu bisa uji hasil belajarmu dan kemampuan mu dalam mengerjakan soal-soal ,karena biasanya mulai bulan februari ,pemerintah mulai ngadain Triyout (uji coba) soal-soal Ujian Nasional(UN).
Bagaimanapun juga,kamu mesti sungguh-sungguh mengerjakan,meskipun itu hanya uji coba.Try out itu bisa kamu jadiin sebagai tolok ukur kemampuan diri dalam mengerjakan soal-soal UN.Juga untuk merasakan atmosfer di saat UN kelak .Nggak gampang lho ngatur konsentrasi saat UN. Belum lagi jantung rasanya dag-dig-dug terus akibat perasaan nervous yang berlebihan.
Makanya, karena pemerintah sudah “berbaik hati” agar kamu bisa berlatih dan akhirnya membiasakan diri dengan kondisi pada saat UN kelak, kamu mesti sungguh-sungguh menghadapi tryout. Anggaplah itu sebagai medan perang sesungguhnya seperti saat kamu mengerjakan soal-soal UN kelak.
Nah, simak baik-baik gimana caranya biar belajar kamu bisa merasuk di otak.
1.   Pertama tulis ulang pelajaran kamu, istilahnya membuat rangkuman. Meskipun kerja dua kali, tetapi yang penting,materi yang didapat bisa masuk ke otakmu . pada saat menulis ulang itu, kamu pasti teringat dengan apa yang sudah kamu rangkum.
2.  Kedua sambil mendengarkan music  memang bagi sebagian orang bisa membantu proses belajar,tetapi ada juga yang tidak dapat konsentrasi sama sekali kalau ada suara-suara.
3.  Ketiga, pura-pura jadi guru . cara ini efektif juga untuk mengingat-ingat materi pelajaran yang sudah kamu dapat di sekolahan. Caranya,kamu mengajari teman-temanmu yang belum atau kurang paham terutama tentang materi yang sudah di ajarkan gurumu disekolah.otomatis kamu sudah menyerap materi yang sudah kamu dapatkan.
4.  Keempat,belajar di sore hari. Setelah pagi sampai siang kamu sudah penat dengan pelajaran di sekolah,sore hari merupakan waktu yang tepat untuk mengulang kembali pelajaran yang sudah di dapat atau diajarkan oleh guru pada hari itu. Karena,malam hari merupakan waktunya untuk istirahat.
5.  Kelima, tinggalkan sistem belajar dengan sistem kebut semalam (SKS) saat mau menghadapi ujian. Cara ini akan menguras tenaga dan pikiranmu. Paling tidak, kamu sudah mempersiapkan semua mata pelajaran yang bakal di ujikan sejak jauh-jauh hari.
Gimana…. Siap untuk belajar dengan baik dan santai menghadapi ujian?? Tidak ada salahnya kelima hal di atas kamu coba dan kamu terrapin dalam sistem belajarmu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar